Dosen

Prof. Dr. Cholichul Hadi, M.Si., Psikolog (ketua)

Valina Khiarin Nisa, S.Psi., M.Sc (tim)

Nama Mata Kuliah

Psikologi Humanistik & Terapi Eksistensial

Kode Mata Kuliah

Skema Professor

Fakultas

Fakultas Psikologi

 

PROFILE MATA KULIAH

 

Nama Mata Kuliah

Psikologi Humanistik & Terapi Eksistensial

Kode Mata Kuliah

Skema Professor

Institusi Mata Kuliah (prodi)

Psikologi

Bahasa Pengantar

Indonesia

Waktu Penyelesaian Seluruh MK (dalam Minggu)

7

Tanggal Mulai Perkuliahan (optional)

1 Februari 2023

Tanggal Berakhir Perkuliahan (optional)

1 Juni 2023

Tipe Mata Kuliah (self paced/ instructor paced/ blended)

Self-Paced

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Psikologi Humanistik ini hakikatnya menjelaskan prinsip dan implementasi nilai-nilai humanis dari sudut pandang psikologi. Lima dalil utama dari psikologi humanistik, yaitu: (1) keberadaan manusia tidak dapat direduksi ke dalam komponen-komponen; (2) manusia memiliki keunikan tersendiri dalam berhubungan dengan manusia lainnya; (3) manusia memiliki kesadaran akan dirinya dalam mengadakan hubungan dengan orang lain; (4) manusia memiliki pilihan-pilihan dan dapat bertanggung jawab atas pilihan-pilihanya; dan (5) manusia memiliki kesadaran dan sengaja untuk mencari makna, nilai dan kreativitas. Kelima dalil yang juga menjadi dasar kapasitas manusia inilah yang melatarbelakangi tim penyusun untuk mengusulkan melalui Professor Class sebagai salah satu modul dalam Massive Open Online Course yang diselenggarakan DIPP Universitas Airlangga.

 

Berikut ini merupakan tujuan dari pelaksanaan MOOC Professor Class “Psikologi Humanistik dan Terapi Eksistensial”: 1. Mengetahui konsep dasar Psikologi Humanistik 2. Membantu peserta MOOC untuk memiliki konsep diri yang jelas mengenai dirinya. 3. Membantu peserta untuk memetakan potensinya sesuai dengan pendekatan psikologi humanistik. 4. Menumbuhkan penerimaan diri terhadap segala potensi yang dimiliki peserta MOOC, termasuk menerima kelebihan dan kekurangannya. 5. Memberikan informasi mengenai self-help berdasarkan pendekatan psikologi humanistik, seperti transpersonal psychology, existential psychology.  6. Mengenalkan skala prioritas “menjadi manusia” berdasarkan pendekatan diagram kebutuhan manusia yang disusun oleh Abraham Maslow, salah satu tokoh psikologi humanistik.

Capaian Pembelajaran

Mampu memahami poin-poin berikut : • Definisi Psikologi Humanistik dan aspek-aspek humanistic • Definisi Eksistensialisme dan penerapannya dalam psikoterapi • Faktor protektif dan faktor risiko dalam Psikologi Humanistik • Informasi mengenai berbagai psikoterapi yang dapat dilakukan oleh psikolog, konselor atau konsultan kesehatan mental dengan menggunakan pendekatan psikologi humanistik. • Keterkaitan antara Psikologi Humanistik dan Terapi Eksistensial • Tokoh-tokoh yang berpengaruh terhadap perkembangan psikologi humanistik • Riset dan Implementasi Psikologi Humanistik terhadap kehidupan sehari-hari • Kritik terhadap Psikologi Humanistik

Syarat Mata Kuliah (jika ada)

-

Jenjang Mata Kuliah

S-1

Jumlah SKS Mata Kuliah

2


Data Dosen: 

Nama Lengkap

Prof. Cholichul Hadi, M.Si., Psikolog

Email

cholichul.hadi@psikologi.unair.ac.id

Foto

  Hadi

Biografi Singkat

https://psikologi.unair.ac.id/en_US/dosen-cholichul-hadi/

 Dosen Team Teaching

 

Nama Lengkap

Valina Khiarin Nisa, S.Psi., M.Sc

Email

valinanisa@psikologi.unair.ac.id

Foto

val

Biografi Singkat

https://psikologi.unair.ac.id/id_ID/lecturer-valina-khiarin-nisa-s-psi-m-sc/